Home / Info Kediri / Tempat Wisata Gunung Kelud KEDIRI Jawa Timur
Tempat Wisata Gunung Kelud KEDIRI Jawa Timur
Tempat Wisata Gunung Kelud KEDIRI Jawa Timur

Tempat Wisata Gunung Kelud KEDIRI Jawa Timur

Wisata GUNUNG KELUD

Tempat Wisata Gunung Kelud KEDIRI  Jawa  Timur
Tempat Wisata Gunung Kelud KEDIRI Jawa Timur

Gunung Kelud merupakan Objyek wisata Kabupaten Kediri,  Tempat wisata yang berada di perbatasan antara Kediri Malang dan Blitar (lebih tepatnya di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri).

Gunung Kelud mempunyai 1731meter diatas permukaan air laut dan merupakan Gunung merapi yang masih aktif, dan tersimpan banyak misteri .

Berdasarkan cerita rakyat setempat, Gunung Kelud terbentuk akibat penghianatan Seorang Putri yang bernama Dewi Kilisuci kepada dua orang Raja yang mencintainya Lembu Suro (Berkepala Lembu) dan Mahesa Suro (Berkepala Kerbau).

download-4

Dewi Kilisuci yang enggan menerima lamaran mereka, membuat sebuah sayembara sulit, yaitu membuat dua buah sumur (sumur 1 berbau wangi, sumur 2 berbau amis) dalam waktu satu malam saja tapi setelah sumur itu jadi, Lembu Suro dan Mahesa Suro harus memasuki sumur itu untuk membuktikan bahwa sumur itu benar-benar berbau amis dan wangi. Dan kedua Raja sakti itu pun menyetujuinya.

images-3

Singkat cerita, sumur itu pun jadi dan kedua Raja itu masuk kedalam sumur yang sangat dalam itu, Dewi Kilisuci tidak menyukai kemenangan Kedua Raja itu. Setelah kedua Raja Sakti itu masuk kedalam sumur, Dewi Kilisuci segera memerintahkan pasukan Jenggala untuk menimbun keduanya, Namun sebelum Raja Lembu Soro mati, dia mengucap sumpah serta disertai dengan kutukan “ Baiklah, besok orang-orang Kediri akan dapat balasan yanimages-4g setimpal dari saya. Kediri akan jadi Sungai, Tulungagung jadi Danau, Blitar akan jadi daratan”.

 

Berdasarkan legenda Lembu Suro, maka masyarakat di sekitar lereng Gunung Kelud secara rutin mengadakan tolak bala setiap tanggal 23 Suro.

 

 

 

Tempat wisata Gunung Kelud memang mempunyai sejuta keindahan yang bisa kita nikmati Maha Besar Allah dengan segala penciptaan-Nya. Dulu sebelum Gunung Kelud meletus,  Gunung Kelud memiliki Danau Kawah berwarna hijau yang menghampar luas. Tapi setelah meletus Danau kawah tersebut menghilang dan digantikan dengan Kubah Lava. Kubah Lava ini semakin hari semakin meninggi, hingga mencapai ketinggian 280meter, diameter 600meter, Namun kini pertumbuhannya sudah berhenti, dan biasa disebut “Anak Gunung Kelud”. Subhanallah, Maha Besar Allah dengan segala Penciptaan-Nya.

download-5

Gunung Kelud terletak sekitar 30Km dari pusat Kota Kediri. Perjalanan untuk menuju Wisata Gunung Kelud memang sangat jauh. Rute Wisata Gunung Kelud

Jika berasal dari Jombang, Mojokerto dan sekitarnya. Ambil arah ke Pare Kediri melalui Ngoro Jombang, lalu lurus Jalan Plosoklaten, sampek Kantor Polsek Plosolaten belok Kiri arah ke wates, sampek pasar wates ikuti jalan searah dan ambil kiri menuju Kecamatan Ngancar Kediri, lurus dan ikuti jalan, anda aan segera sampai di lokasi Wisata Gunung Kelud di Desa Sugihwaras Kec. Ngancar, Kab Kediri Jawa Timur.

Dan tibalah di Pos Gerbang kawasan Wisata Gunung Kelud Kabupaten Kediri. Tiket masuk Wisata Gunung Kelud pada hari biasa :  Rp. 5.000,-. Dan pada hari Sabtu Minggu dan Hari  Libur : Rp. 10.000,- .

images-5

Setelah dari Pos Pos Gerbang kawasan Wisata Gunung Kelud Kabupaten Kediri kita masih harus menempuh perjalanan  kurang lebih 9km. Jalan yang berkelok-kelok, tanjakan yang tajam (Pada saat tanjakan ada peringatan Tanjakan terjal. Gunakan Gigi 1), tikungan, turunan yang tajam.

100_2166

Alhamdulillah sampai di Area Parkir Wisata Gunung Kelud. Pastinya kita akan disambut oleh udara yang segar, serta warung-warung makanan yang berjejer rapi.

Dari Area parkir kita dapat berjalan kaki menuju arah Anak Gunung Kelud, untuk sampai ke lokasi anak Gunung Kelud anda akan melawati sebuah terowongan yang panjang dan sudah diberi pencahayaan, agar wisatawan nyaman pada saat perjalanan, sekitar 150meter.

screenshot_13

Dan setelah sampai pada ujung terowongan, Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang Subhanallah sangat Indah dan eksotis.

screenshot_14

Puas dengan Pemandangan Anak Gunung Kelud Anda bisa menuju Puncak Menara Padang Gunung Kelud. Utnuk menggapai Puncak Menara Padang Gunung Kelud Anda harus mendaki ratusan anak tangga yang pastinya membuat nafas terengah-engah. Tapi semua itu terbayarkan dengan Pemandangan yang sangat Bagus, Indah dan Mempesona pastinya.

photo0879

Lelah dari Menara Pandang Gunung Kelud kita bisa beristirahat e tempat wisata lainnya yang juga ada di area Wisata Gunung Keud, yaitu Wisata Pemandian air panas, tangga menuju wisata air panas ini cukup lebar dan masih dengan ratusan anak tangga.

Anda bisa menyegarkan badan di sana, dan juga mengumpulkan tenaga untuk perjalanan pulang atau menuju ke Theater Wisata Gunung Kelud dengan tiket masuk,

Senin-Jum’at : Rp. 6.000,-, Sabtu,Minggu : Rp. 10.000,-

 

screenshot_15

 

Dhaha Jaya Persada

About admin

Check Also

Wisata Pesona Bukit Maskumambang Kediri Jawa Timur

Wisata Pesona Bukit Maskumambang Kediri Jawa Timur Bukit Maskumambangatau Bukit Boncolono, terkenal dengan kisah Maling …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: