Home / Wisata Kota Kediri / Wisata Religi Masjid Setono Gedong Kota Kediri Jawa Timur
Wisata Religi Masjid Setono Gedong Kota Kediri Jawa Timur
Wisata Religi Masjid Setono Gedong Kota Kediri Jawa Timur

Wisata Religi Masjid Setono Gedong Kota Kediri Jawa Timur

Wisata  Religi Masjid Setono Gedong Kota Kediri Jawa Timur

Wisata  Religi Masjid Setono Gedong Kota Kediri Jawa Timur
Wisata Religi Masjid Setono Gedong Kota Kediri Jawa Timur

Masjid Setono Gedong Kota Kediri, letaknya bersebrangan dengan jalan menuju stasiun Kereta Api Kediri.

Terddapat sebuah Pendopo dan juga area makam dimana bersemanyam tokoh penting seperti Sunan Amangkurat mas III, dan yang paling di kenal adalah makam Mbah Wasil. Ada beberapa pendapat atau teori tentang Mbak Wasilm dari mana beliau berasal, kapan beliau datang di Kediri dan dimana beliau meninggal dunia. Namun belum ada yang tau pasti. Banyak peziarah yang mengunjungi makan Mbah Wasil.

Sebelum terdapat Masjid Setono Gedong, terdapat gapura paduraksa yang dindingnya sangat tebal, banyak sejumnlah pihak yang berusaha untuk tetap menjaga dinding itu agar tetap kokoh namun, karna semakin berjalannya waktu, dinding itu semakin rapuh, tapi untukngnya dinding rubuh, tetapi terlapisi oleh semen sehingga menutupi seluruh bagian gapuram sehingga tida terlihat seperti pada aslinya.

Diperluhkkan kearifan untuk menjaganya, dan mempertahankan warisan budaya.

Terdapat susunan batu yang ditata secara sejajar dan membentu undukan seperti tanggam yang nantinya akan menuju ke bangunan pendopo yang bergaya Joglo. Disisi sebelah kanan tangga berukuran cukup besar, sedangkan yang berada di sebelah kiri kecil.

Deretan batu yang tersusun di bawah batu masih sangat asli, yang juga merupakan pondasi candi pada jaman Kerajaan Kediri.

Konon pada saat itu Asal muasal Masjid Setono Gedong bermulai dari kedatangan Syeh Sulaiman Al-Wasil utusan dari Iatambul Turki di abad XIV, yang di utus ke Pulau Jawa untuk bertemu Walisongo untuk menyebar luaskan agama Islam di Nusantara, Mbah Wasil dan Para Sunan juga berencana untuk membangun Masjid Agung yang nantinya akan di jadikan pusat penyebaran agama Islam di Kediri.

Dan pembangunan masjid hanya di beri waktu selama 1 hari dan akan di kerjaan oleh Mbah Wilis , dan pada saat pengerjaan, mbah Wasil mendengar suara wanita memukul lesung. Tapi suara tersebut diduga bedug masjid untuk mengawali waktu sholat Subuh.

Dan alhasil, masjid itupun belum rampung pengerjaannya, hanya sampai pada pondasi di atas susunan batu-batu bagian bawah yang berwarna merah.

Terdapat sebuah relief seperti Burung Garuda di Situs Setono Gedong yang dipahat di sebuah sisi sebuah batu, dan juga relief Bunga Teratai dan dengan hiasan garis” lengkung . pada sebuah sisi batu yang di terdapat seperti lingga.

Area di atas pondasi digunakan untuk tempat ibadah dan pertemuan para wali. Pada sisi di kompleks Situs Setono Gedong terdapat batu yang diukir dan ditata tersusun.

Situs Setono Gedong merupakan Situs yang sangat unik dan wajib di kunjungi, untuk menambah pengetahuan .

 

About admin

Check Also

Wisata Tebing Sumbing Gunung Kelud Kediri Jawa Timur

Wisata Tebing Sumbing Gunung Kelud Kediri Jawa Timur

Wisata Tebing Sumbing Gunung Kelud  Kediri Jawa Timur Tebing Sumbing Gunung Kelud, merupakan tebing yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: