Home / Info Kediri / Mengenal Sejarah, Wisata Candi Tegowangi Kabupaten Kediri
Mengenal Sejarah, Wisata Candi Tegowangi Kabupaten Kediri

Mengenal Sejarah, Wisata Candi Tegowangi Kabupaten Kediri

Mengenal Sejarah, Wisata Candi Tegowangi Kabupaten Kediri

Mengenal Sejarah, Wisata Candi Tegowangi Kabupaten Kediri
Mengenal Sejarah, Wisata Candi Tegowangi Kabupaten Kediri

Candi Tegowangi, Candi ini terletak di Desa Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Candi Tegowangi memiliki ketinggian sekitar 4,35 M dan berukuran 11,20 X 11,20 M .

Sejarahnya,,Dalam Kitab Paraton , Candi Tegowangi merupakan tempat pendermaan Bhere Matahun, dan dalam kitab Negarakertagama, dijelaskan bahwa Bhre Matahun meninggal pada tahun 1388 M, maka di perkirakan Candi Tegowangi di bangun pada tahun 1400 di masa Majapahit, hal tersebut di karenakan Pendhermaan seorang raja dilakukan 12 tahun setelah sang raja meninggal dengan upacara Srada.

Pada saat kita melewati pintu masuk Candi Tegowangi, kita akan melihat rumah-rumah kecil yang berdinding kaca. Rumah-rumah ini dijadikan sebagai pusat informasi yang berkaitan dengan Candi Tegowangi.

Di area sekitar Candi Tegowangi tidak nampak pos-pos penjagaan, jadi semua orang pengunjung bisa keluar masuk secara bebas. Perjalanan untuk mendekati candi, kita melewati jalan yang masih berupa tanah liat.

 

Candi Tegowangi ini hampir mirip dengan candi Surawana yang berada di daerah Pare. Bentuk kedua Candi hampir sama, keduanya sama-sama memiliki denah bujur sangkar dan menghadap ke barat. Struktur bangunan candi juga sama dengan Candi Surawana, pondasinya berbahan batu, batur kaki dan sebagian tubuh yang tersisa terbuat dari batu andesit. Bagian kaki candi berlipit dan juga ada hiasannya. Pada setiap sisinya ada 3 panil tegak yang dihiasi raksasa (gana) yang duduk jongkok dengan kedua tangan keatas, yang seolah mendukung candi.

Pada setiap tubuh candi setiap sisinya terdapat pilar polos yang menghubungkan badan dengan kaki candi, pilar tersebut nampak belum selesai di kerjakan. Di sekitar candi juga terdapat batu (seperti runtuhan candi). Puing-puing batu yang berjatuhan tersebut ditata secara berjajar, ada juga yang masih berbentuk relief-relief. Dan juga masih terdapat banyak relief yang berbentuk di sekitaran candi.

Fasilitas yang dimiliki Candi Tegowangi,,

  • Area parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Rumah makan
  • Dan yang lainnya.

Pada saat berkunjung ke Candi Tegowangi, jagan lupa untuk membawa perlengkapan mandi, dan juga menyiapkan fisik, kendaraan, agar liburan yang anda lakukan lancar dan juga menyenangkan.

 

About admin

Check Also

Wisata Religi Masjid Setono Gedong Kota Kediri Jawa Timur

Wisata Religi Masjid Setono Gedong Kota Kediri Jawa Timur

Wisata  Religi Masjid Setono Gedong Kota Kediri Jawa Timur Masjid Setono Gedong Kota Kediri, letaknya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: